Cara Memperbanyak Air ASI Secara Alami

Banyak wanita menyusui ingin tahu bagaimana cara memperbanyak air asi selama perjalanan menyusui bayi mereka. Bagi sebagian besar wanita, sama sekali tidak ada yang salah dengan payudara mereka atau kemampuan mereka untuk menghasilkan cukup susu. Tidak masalah jika Anda memiliki payudara besar atau kecil, karena organ tubuh ini memang dirancang untuk membuat susu. Dua penyebab utama utama masalah pasokan ASI adalah pola hidup kurang sehat dan tidak teratur, serta konsumsi makanan yang tidak baik untuk tubuh. Sesuatu yang harus diketahui setiap ibu menyusui dan pasangannya adalah bahwa persediaan ASI merespons pada permintaannya. Jadi jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara memperbanyak asi, ketahuilah bahwa semakin sering anda memberikannya kepada bayi, maka akan semakin banyak pula produksi ASI dalam tubuh anda.

Produksi ASI yang kurang dalam ibu seringkali disebabkan karena kurangnya gizi dan cairan dalam tubuh. Sehingga untuk meminimalisir permasalahan ini sebaiknya anda mengkonsumsi makanan sehat sebagai salah satu cara memperbanyak air asi. Makanan tersebut antara lain terdiri dari sayuran hijau dan buah-buahan segar, serta daging ikan, telur, dan juga sereal gandum. Bila anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji, sebaiknya hindari saat anda sedang dalam masa menyusui, karena dapat berpengaruh buruk pada produksi ASI dan kesehatan bayi.

Jika Anda menduga Anda memiliki masalah dengan laktosa bayi Anda, atau bahkan jika Anda tidak yakin, mintalah saran dari dokter dan perawat anda, atau dengan berkonsultasi dengan sesama ibu menyusui lainnya terkait cara memperbanyak air asi. Mereka bisa mengamati dan mendiagnosis masalah menyusui dengan sangat cepat. Maka Anda akan kembali ke jalur perjalanan menyusui yang sukses. Bahkan jika tidak ada yang salah, anda akan mendapatkan kepastian bahwa semuanya baik-baik saja. Banyak ibu baru merasa frustrasi dan bingung menerima informasi menyusui yang bertentangan di rumah sakit setelah mereka melahirkan bayi mereka. Seringkali mereka yang membantu tidak memiliki banyak pengalaman menyusui. Tentu saja, sebagian kecil wanita akan mengalami masalah medis yang menyebabkan masalah pasokan susu, misalnya hipoplasia (jaringan kelenjar yang tidak mencukupi) yang mengakibatkan masalah pasokan, namun masalah ini hanyalah minoritas, dan jarang ditemui.